Sabtu, 30 Mei 2009

Tahapan Umum dan Biaya Minimal Berbisnis Online

Tahapan Umum dan Biaya Minimal Berbisnis Online

Setiap orang tidak akan sama mengeluarkan anggaran awal untuk berbisnis online.

Ada yg berani mengeluarkan anggaran minimal seperti yg saya jelaskan di Ebook ke-2. Namun ada juga yg masih pikir-pikir mengingat banyaknya pengeluaran rutin kegiatan offline.

Berapapun anggaran yg anda keluarkan, itu sudah merupakan langkah awal untuk ‘bergerak’. Manfaatkan langkah awal anda tsb untuk melakukan sesuatu meskipun itu bertahap.

Ini semacam melakukan tahapan umum yg saya jelaskan di Ebook ke-2. Semuanya butuh proses untuk menuju hasil yg kita harapkan.

Saya ingat ketika awal membangun rumah dulu, semua pondasi dan dinding rumah bermula dari menyusun batu bata secara bertahap. Satu demi satu. Semuanya perlu direkatkan secara kuat dengan bantuan semen. Perlahan tapi pasti.

Jika proses penyusunan batu bata dan perekatan dengan semen berlangsung secara sembrono, cepat-cepat asal jadi, maka hasilnya adalah bangunan rumah yg rapuh. Yang akan mudah retak dan goyah dengan tiupan angin serta guyuran hujan.

Namun jika semua proses dilalui dengan seksama, dengan memperhatikan betul pengukuran jarak antar tiang pondasi, susunan batu bata, pengadukan semen yg sempurna, maka hasilnya pasti memuaskan di kemudian hari.

Itulah gambaran umum bisnis online yg sedang kita bangun…

Ingat, kita sedang mempersiapkan ‘kerajaan bisnis’ untuk keluarga kita. Untuk sebanyak mungkin orang yg bisa mengambil manfaat dari usaha-kita.

Jadi, mari kita lalui tahapan-tahapan berbisnis online dengan seksama…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar